Kamis, 17 Mei 2012


Tujuan: Kasus ini untuk Anda yang sama sekali belum mengenal 3ds Max. Tutorial ini mengenalkan 3ds Max secara global, mulai proses pembuatan, pengeditan, pemberian bahan / material, cahaya sampai animasi sederhana. Tutorial dapat dipraktekkan di 3ds Max semua versi.

Materi
o   Tool: Snap Toggle, Select & Movie, Quick Render, Arc Rotate, Zoom, Pan.
o   Objek Primitives: Box, Plane, Cylinder, Teapot.
o   Cahaya: Omni, Material.
o   Animasi: dengan Autokey pada Camera Target.


2 - MODELING 

  1. Sebelum mulai membuat objek, sebaiknya aktifkan tool Snap Toggle, agar gambar akan selalu tepat menempel ke grid (kotak-kotak kecil abu-abu) yang ada di Viewport.


  2. Kini kita akan membuat objek (disebut juga proses modeling). Untuk awalnya kita akan membuat kaki meja yang dibuat dari Box klik panel Create > Geometry: > Box.



  3. Di Viewport Perspective, drag agar membentuk kotak sbb:







  4. Aktifkan / klik kotak tersebut lalu klik panel Modify, di Command Panel tersebut atur parameter Length, Width & Height nya untuk mengubah ukuran kotak.


Meng-Copy Kaki Meja
Kita telah buat baru satu kaki meja. Kaki meja lainnya lebih mudah dengan meng-copy / duplikasi box tersebut.
 
1.   Di Viewport Top, aktifkan tool Select and Move. Klik di box tersebut untuk mengaktifkannya, maka akan tampil panah sumbu X dan Y.


2.   Untuk meng-copy objek, tekan dan tahan tombol Shift. Lalu Tekan dan Geser (drag) panah sumbu Y keatas. Maka tampil kotak dialog Clone Options. Pilih Instance agar jika salah satu kaki meja diubah parameternya, otomatis kaki meja yang lain ikut berubah. Ok.

   

3.   Untuk memilih banyak objek, tahan tombol Ctrl di Keyboard, lalu klik box yang lain.



4.   Copy 2 kaki meja sekaligus. Shift + Drag panah kanan kedua box ke pasisi lain. Di kotak dialog Clone Options aktifkan objek Instance. Kini sudah ada 4 kaki meja.


5.  Ok! Untuk membuktikan kemampuan Instance, klik salah satu kaki meja tersebut, klik panel Modify, lalu coba rubah parameter Length, Width & Height nya, otomatis 3 kaki meja yang lain berubah bukan?


Catatan Part I:
Tutorial ini gueh praktek-kan pada Sotware 3ds Max versi 11. Namun bisa Anda ikuti pada versi yang lebih rendah seperti 3ds Max versi 6, 7, 8, 9, 10 atau yang lebih baru. Tidak ada yang sulit dalam mempelajari sesuatu yang baru. Sepintas 3ds Max terlihat sangat 'njlimet' dan membuat kepala 'cekot-cekot'. Hehe, percayalah sob... itu awal yang indah. Gueh jamin setelah Anda mengikuti tutorial belajar 3ds Max dari blog ini, hari-hari Anda akan lebih berwarna lagi... Sresettt...




Terimakasih,
...to be Continued

0 komentar:

Poskan Komentar