Quantcast

Senin, 09 April 2012

Gempa Aceh 8,5 SR Berpotensi Stunami

Hari ini gempa kembali mengguncang Aceh, Rabu (11/4/2012), berkekuatan 8,5 skala Richter  dan berpotensi tsunami. Demikian dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.




Dan sekitar 18.00 WIB tadi, kembali terjadi gempa susulan di Aceh. United States Geological Survey (USGS) mencatat gempa susulan tersebut lebih besar, 8,7 SR. Dan sampai berita ini saya tulis, pemerintah setempat tetap masih mengeluarkan peringantan akan Tsunami.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama mengguncang Aceh pada pukul 15.38 WIB. Adapun pusat gempa di perairan sebelah barat Aceh.

Sebelumnya, BMKG mencatat gempa berkekuatan 8,9 skala Richter (SR) kemudian merevisi menjadi 8,5 SR. Hal ini seperti yang telah di beritakan BBC Indonesia, yang kadung telah menulis :

Gempa dengan kekuatan 8,9 skala Richter melanda kawasan Banda Aceh dan sekitarnya sementara peringatan tsunami sudah dikeluarkan. 

"Orang-orang masih panik di luar rumah dan menuju kawasan yang tinggi," tutur Munawardai Ismail, wartawan Harian Waspada di Banda Aceh kepada BBC Indonesia. Namun tidak terlihat kerusakan yang besar di kawasan Banda Aceh. Guncangan gempa juga dilaporkan terasa di beberapa tempat lain, seperti di Malaysia, Singapura, maupun Thailand. Sebuah peringatan dini gempa dan tsunami dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika beberapa saat menjelang pukul 16.00 WIB. -tcd, BBC dan Kompas.com-

0 komentar:

Posting Komentar