Minggu, 12 Februari 2012

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google

Ha ha gueh mengambil tema artikel kali ini adalah sebagai wadah berbagi buat sobat yang tidak suka apabila postingan blognya di copy paste begitu saja oleh blogger lain. Gueh yakin sobat akan kesal jika postingan blognya di copas mentah-mentah. Apalagi jika tidak memasang link aktif yang mengarah ke postingan blog kita.  Sudah capek-capek berfikir untuk membuat kata-kata kalimat yang baik, eeeh orang taunya cuma bisa mencontek. Benar-benar tidak berperibloggeran, hehehe. (dasar gak kreatif !!!).  Apalagi jika banyak postingan blog kita yang dicopas. 

Sebenarnya banyak cara untuk mengetahui postingan blog kita yang di contek. Dan berbagai macam situs penyedia layanan tersebut, seperti DMCA protect, Myfreecopyright, Tynt publisher, Copyscape dll. Namun di sini saya akan memberitahukan cara langsung melaporkan blog copas ke Google dmca. 
Nah buat sobat blogger yang ingin tau bagaimana caranya silakan ikuti tutorial berikut ini.

1. Silakan masuk ke Google dmca,.
Akan muncul tampilan gambar seperti di bawah. Pilih Blogger / Blogspot.



2. Geser scroll ke bawah akan muncul tampilan mirip di atas

  • Jelaskan sifat dasar permintaan Anda pilih "Saya menemukan konten yang mungkin melanggar hak cipta saya
  • Apakah Anda pemilik hak cipta atau diizinkan untuk bertindak atas nama mereka? Pilih Ya, saya adalah pemilik hak cipta atau diizinkan untuk bertindak atas nama pemilik hak eksklusif yang diduga dilanggar 
 Jangan membuat klaim palsu
  • Saya telah membaca informasi di atas dan ingin melanjutkan. Pilih ya
  • Karya apa yang diduga melanggar dan sedang dipermasalahkan tersebut? Pilih Teks 

3. Buka link (kata) formulir ini

Atau gunakan formulir ini untuk mengirimkan permintaan Anda. Perhatikan bahwa Anda akan diminta masuk ke Akun Google untuk mengirimkan permintaan.

4. Masukkan Nama Anda sebagai Pelapor,  Nama Blog/usaha anda, alamat email pilih negara.
 

5. Terus geser lihat gambar di bawah;
  • Pada form atas masukkan url lengka postingan blog yang di copas
  • Pada form di bawahnya masukkan alasan mengapa anda melapor
  •  


6. Masukkan url postingan blog yang diduga mencopas postingan blog sobat.




7. Centang kedua form pada item Pernyataan Tersumpah.


8. Terakhir, Masukkan nama anda pada form terakhir ( Tanda tangan digital) persis nama pada langkah nomor 4, contoh Blogger copas pada langkah no 4, maka pada langkah nomor 8 tulis juga Blogger copas. Klik Submit / Kirim

9. Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa laporan kita akan diproses, Kemudian buka email yang kita pakai masukkan pada langkah 4 tadi. Akan ada peberitahuan juga. Tunggu satu atau dua hari, maka akan muncul lagi pemberitahuan dari google bahwa laporan sudah selesai diproses dan ditinjaklanjuti.

Kira-kira apa yang akan terjadi pada postingan blog yang mencopas blog kita? Mereka (copasser) akan disuruh mengedit postingannya dalam artian bahwa postingan mereka akan berbentuk draft / rancangan artikel, bukan lagi berupa postingan utuh. Bagaimana pula jika kita yang dilaporkan copas, padahal milik kita sebenarnya yang original, jangan kuatir, google menyimpan database kapan waktu peluncuran postingan blog kita. Untuk mengetahuinya silakan sobat buka postingan copas milik blogger lain yang telah kita laporkan. Saya sendiri sudah melaporkan 2 blog dan ini cukup efektif, satu blog sudah ganti nama / url, alias gak mau ketahuan lagi copas, dan yang kedua, artikel yang di contek sudah tidak ada lagi.

Nah, bagaimana sobat, Yuk kita perangi para Copasser dengan melaporkan ke google blogger yang cuma bisa meraup keuntungan sepihak saja. Saya sendiri mengizinkan artikel saya di copas, cukup 1 syarat... Pasang LINK AKTIF ke postingan blog saya tersebut. Ingat Link aktif, bukan link mati. Buat copasser jika blog sobat berkali-kali dilaporkan, maka bisa saja blog sobat dan akun adsense sobat di banned.

Jadilah kreatif walaupun kalimat tulisan sobat katakanlah jelek, tapi jika itu hasil berfikir sobat sendiri itu akan disukai Google dan dihargai pembaca. Hargailah hasil jerih payah berfikir dan otak sesama Blogger !!!

Ha ha.... artikel ini saya copas langsung dari:

0 komentar:

Poskan Komentar