Senin, 02 Januari 2012

Google SEO – Sistem Pengindeksan Google

Kapan Google mengindeks/merayap? Google merayapi situs di internet dengan kedalaman yang berbeda dan dengan pengaturan jadwal yang lebih dari sekali. Yang disebut Deep Crawl (merayap dalam) dilakukan paling tidak sekali dalam satu bulan. Berkaitan dengan rumitnya proses pembuatan daftar dan kebutuhan akan pembuatan daftar isi web secara ekstensif, diperlukan waktu lebih dari satu minggu untuk melakukan perayapan. Untuk itulah diperlukan waktu enam minggu untuk sebuah web atau blog baru supaya masuk dalam daftar Google.

Google akan bergantung sepenuhnya pada Deep Crawl ini, tatapi hasil Deep Crawl akan bisa cepat kadaluarsa, terkait dengan cepatnya perubahan di dunia internet. Untuk itulah kini Google meluncurkan Fresh Crawl yang secara singkat dapat mengunjungi situs-situs di internet dengan lebih sering daripada Deep Crawl. Memang hasil Fresh Crawl ini tidak akan mengubah keseluruhan indeks yang dimiliki Google, tapi akan meng-update isi dari sebagian web/blog. Google tidak akan mengumumkan jadwal Fresh Crawl ini dan situs/blog apa yang dijadikan target, tetapi para webmaster bisa mengetahui jadwal tersebut lewat penyellikan yang seksama.

Google tidak mempunyai kewajiban untuk mengunjungi URL khusus apapun dengan Fresh Crawl. Situs-situs dan blog akan bisa meningkatkan kesempatan untuk lebih sering dikunjungi Google dengan meng-udate konten mereka secara teratur. Bila mengingat sisi kedangkalan dari Fresh Crawl, Google mungkin akan mengunjungi halaman depan dari situs atau blog Anda, tetapi kemungkinan tidak akan mengunjungi halaman yang lain.

Deep Crawl akan bersifat lebih otomatis dan tampa pertimbangan, serta lebih teliti daripada Fresh Crawl. Kesempatan baik akan dating bila saat jadwal Deep Crawl dan link-link dari halaman baru sudah tercantum di halaman utama sehingga  Deep Crawl akan mengindeks halaman baru tersebut. Tak semua halaman dari sebuah situs akan dimasukan dalam indeks oleh Google, sebab proses pertimbangannya adalah rahasia perusahaan tersebut. Bila merasa ada sebuah halaman atau artikel penting yang dimiliki tidak terindeks di Google, yang bisa Anda lakukan adalah memaksimalkan promosi.

Satu hal yang Google banggakan dari kecanggihan system mereka adalah bahwa proses pembuatan indeks akan berlangsung secara otomatis sehingga tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali, termasuk para teknisi Google (tentu mereka mengendalikan  si robot Spider, tapi mereka tidak campur tangan pada hasilnya). Untuk itulah akan menjadi sia-sia bila Anda berfikir bahwa mereka akan merespon berbagai keluhan mengenai hasil pengindeksan terhadap blog atau situs Anda. www.terselubungcelanadalam.blogspot.com


… to be continued

0 komentar:

Posting Komentar