Senin, 02 Januari 2012

Sejarah dan Perkembangan Google SEO

Hehe. Apa kabar sobat? Semoga baik-baik saja.. Mari kita teruskan belajar SEO Google. Anda senang pelajaran Sejarah? Dalam pelajaran buku Sejarah yang pernah kita pelajari di bangku sekolah dahulu, Bung Karno pernah berujar ‘jangan pernah sekali-kali melupakan Sejarah!. Hehe okheh sobat, sebelum pergi jauh untuk mempelajari SEO Google, tidak ada salahnya jika kali ini kita akan mengenal Sejarah dan Perkembangan Google SEO.


Menurut Danny Sullivan, istilah Search Engine Optimization (SEO) pertama kali digunakan pada tanggal 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di-posting di Usenet. Pada masa itu, algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian sepenuhnya didasarkan pada informasi yang disediakan leh webmaster melalui meta tag pada kode html/web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster akan  melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari akan salah menempatkan dan akan membuat peringkat terhadap situs tersebut. Hal ini akan menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin adalah dua mahasiswa doctoral ilmu computer Universitas Stanford yang berusaha mengatasi permasalahan tersebut. Mereka akhirnya membangun Backrub, yaitu sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat halaman web.
Algoritma tersebut bernama Page Rank, yaitu fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadap masing-masing link tersebut.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat, Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari public pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. Page Rank lantas menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs/web-nya memperoleh nilai Page Rank yang setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian. www.terselubungcelanadalam.blogspot.com
… to be continued

0 komentar:

Poskan Komentar