Senin, 02 Januari 2012

Google SEO – Optimalisasi Halaman Situs

Optimalisasi halaman situs berarti semua teknik yang dapat digunakan di situs atau blog Anda untuk meningkatkan SEO. Selain itu, berbeda dengan off-page SEO, yaitu tehnik yang didapatkan dari pemilik website lain untuk membantu situs Anda mencapai peringkat SEO yang lebih baik. Tehnik ini akan berlaku untuk semua konten dari server web Anda (jika Anda menyewa jasa hosting), termasuk halaman Anda dan file lainnya seperti dokumen World, file PDF, video, dan sebagainya.

1.    Page Title / Judul Halaman
Elemen  variable pertama pada halaman Anda adalah page title / judul halaman yang muncul dalam bagian <head> section, judul halaman web Anda adalah yang paling penting dari semua elemen pada halaman karena:

-      Algorithmic Weighting. Judul adalah ringkasan yang paling penting dari pada sebuah halaman web karena mempunyai bobot nilai yang lebih berat pada algoritma yang dipakai Google.
-      Result formatting. Ketika Google melayani halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk sebuah user query, Google akan menggunakan judul halaman sebagai link untuk setiap hasil pencarian.
-      Browser Usability. Browser akan menampilkan tag judul dalam versi browser terbaru untuk browsing tab antara halaman web yang bebeda di jendela yang sama. Judul juga merupakan bantuan navigasi kegunaan yang penting untuk pengguna browser.
-         

2.    Meta Dekripsi
Meta Tag Description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi halaman web Anda. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Selain itu, usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya diawal halaman webpage yang bersangkutan. Bnetuk umum dari Meta Deskripsi adalah :

<meta name=”description” content=”put your description in here.”/>

Contoh penulisan Meta Tag Description adalah sebgai berikut:

<meta name=”description” content=”Untuk hiburan semata ketik terselubungcelanadalam tanpa spasi dan huruf kecil semua.
Pastikan Anda tersenyum walau aral badai menghadang.”/>

Beberapa search engine seperti Nothern Light dan Google tidak memakai meta tag sebagai deskripsi hasil pencariannya. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut. Itulah sebabnya, Anda sebaiknya menggunakan isi dari Meta Tag Description sebagai kalimat pembuka.


3.    Meta Keyword
Meta Keywoard adalah kata kunci yang mewakili isi/konten dari wbsite/blog sehingga Meta Keyword sendiri akan berisi kata-kata atau frase tertentu, sebagai contoh pada sebuah web/blog yang berisi tentang teknologi ponsel GSM maka keyword (kata kunci) yang bisa mewakili, antara lain: GSM, ponsel, 3G, 3.5G, GPRS, EDGE, Symbian, nokia, Sony Ericsson, Samsung, dan seterusnya.

Meta Keyword ini sendiri akan bisa membantu peningkatan kunjungan ke website/blog melalui  search engine karena kata kunci yang Anda buat dalam Meta Keyword juga menjadi salah satu bagian yang diindeks oleh search engine. Semakin tepat Anda memilih kata kunci maka akan membantu dalam SEO. Paham gak coy? He he he.


Meta Keyword ini sendiri akan bisa membantu peningkatan kunjungan ke website/blog melalui search engine karena kata kunci yang Anda buat dalam Meta Keyword juga menjadi salah satu bagian yang diindeks oleh search engine. Semakin tepat Anda memilih kata kunci maka akan semakin membantu SEO.

Bentuk umum dari Meta Keyword adalah:

<meta name=”keyword”content=keyword1,keyword2,keyword”/>

Contoh penulisan Meta Tag Keyword adalah sebagai beriut:

<meta name=”keyword”content=terselubungcelanadalam, Entertainmet dan Selebrity, Hot dan Bugil, Sex dan Sexy”/>

Tujuan pemakaian tanda koma adalah agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan di sini adalah jangan mengulang sebuah kata yang sama dari 3 kali karena akan dianggap spamming. Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini juga akan dianggap spamming, misalkan web Anda memuat informasi mengenai pariwisata di Bali maka jangan sekali-kali menambahkan “MP3” atau “Katy Perry” sebagai keyword karena keyword-keyword ini merupakan keyword favorit di internet yang banyak di cari orang.


4.   Breadcrumb Trail
Breadcrumb Trail adalah navigasi menu untuk mempermudah web/blog melacak lokasi dalam dokumen dan kembali ke awal dengan mudah. Breadcrumb Trail sendiri biasanya berada pada posisi ats halaman web/blog atau biasanya berada di bawah header.


Ditinjau dari sisi usability, Breadcrumb Trail mempunyai beberapa fungsi, yaitu:
-  Menunjukkan lokasi atau path dari halaman web yang sekarang sedang dikunjungi dan relative terhadap struktur halaman di atasnya.
-      Menyediakan fitur one-click access ke level halaman web di atasnya, sekaligus menghindari user menjadi tersesat karena terlalu banyak menjelajahi website yang bersangkutan.

Breadcrumb Trail ini akan sangat bermanfaat bagi pengunjung tatkala struktur website yang Anda bangun memiliki hirarki atau tingkatan. www.terselubungcelanadalam.blogspot.com


… to be continued

0 komentar:

Poskan Komentar