Senin, 02 Januari 2012

Cara Google Menemukan Sebuah Situs

MENGUAK CARA KERJA GOOGLE
Bagaimana Cara Google Menemukan Sebuah Situs (Blog)? Mesin pencari web akan bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini akan diambil dengan Web Crawler (browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya). Anda isi setiap halamannya, lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya, missal kata-kata yang diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag.

Data tentang halaman web akan disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, Seperti Google, akan menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) ataupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Selain halaman web, mesin pencari juga akan menyimpan dan memberikan informasi tentang hasil pencarian, berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto, informasi tentang seseorang, suatu produk,layanan, dan informasi beragam laiinya yang semakin terus berkembang sesuai dengan oerkembangan teknologi informasi.

Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukan query, biasanya memasukan kata kunci, lalu mesin akan mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya juga disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang sebagian teksnya.

Hehe, sebanarnya ada jenis mesin pencari lain, yaitu: mesin pencari real time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru.

Jika dibandingkan dengan system berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, system real time ini akan lebih unggul dalam beberapa hal, yaitu: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala yang mati, dan lebih sedikit sumber daya system yang diperlukan (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu). Namun, juga ada kelemahannya, yaitu pencarian akan lebih lama selesainya.

Manfaat mesin pencari akan bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya, meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, serta sebagian halaman mungkin akan lebih relevan, populer, atau autoritatif dari pada yang lain. Kebanyakan mesin pencari akan menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil yang terbaik terlebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai dan bagaimana urutan halaman-halaman itu akan diperlihatkan secara bervariasi. Metode-metodenya juga akan berubah seiring dengan perkembangan penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung dari pemasukan iklan karena itu sebagian akan menjalankan praktek controversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Sektor tahun 2001, mesin pencari Google berkembang lebih besar.Keberhasilan ini didsarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan Page Rank.  Setiap halaman akan diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain. Rangking situs (The Page Rank) dari sebuah link halaman dan sejumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukan. User Interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini akan berkembang ke para pesaingnya Aset teknologi utama Google adalah pada system algoritma yang mereka miliki dan formula system ranking yang rumit dan diberikan kepada para pemakai, serta hasil pencarian yang bagus. Seringkali terkesan bahwa Google mampu membaca pikiran dari setiap orang yang mencari lewat mesin pencari raksasa ini.

Hasil dari sistem algoritma akan dirangkum dalam sebuah statistic rangkin tunggal yang disebut Page Rank. Google sangat merahasiakan formula Page Rank ini, tetapi perusahaan tersebut akan mempromosikan pentingnya Page Rank dan menawarkan para webmaster tentang petunjuk-petunjuk umum untuk meningkatkan Page Rank, Google akan menunjukkan system penilaian rata-rata dari setiap situs (dalam scala 0-10) dalam toolbar Google. Walaupun formula yang tepat dirahasiakan, tetapi ramuan dasar Page Rank ini kini telah banyak diketahui public….  (hehe… (Coming Soon) ini dia formula tersebut… ) www.terselubungcelanadalam.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar