Jumat, 26 Maret 1999

Verifikasi Blog di Yahoo Webmasters

 Bagi Blogger yang sering bermain di webmasters tentunya sudah tahu kalau yahoo juga memiliki layanan ini dan tentunya gratis juga seperti halnya Google Webmaster Tool. Tentunya bagi blogger yang sudah mencoba Yahoo Webmasters, postingan ini menjadi usang sehingga postingannya ini hanya untuk blogger pemula seperti halnya saya yang baru mengetahui tool ini. Sebelumnya saya informasikan bagi yang belum mendaftarkan blognya di Google Webmaster Tool silahkan membaca postingan sebelumnya tentang Google Webmasters Tool.
Adapun tujuan menggunakan Webmasters tool adalah untuk memudahkan menganalisa perkembangan blog di mata Search Engine dan tentunya juga untuk meningkatkan traffik pengunjung blog dari search engine.
Nah, langkah-langkah untuk menggunakan layanan Yahoo Webmasters ini adalah sebagai berikut:

Pertama silahkan klik tulisan Yahoo Webmaster ini. Maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini:


Pada menu disamping kiri silahkan klik "My Sites" maka akan tampil form login jika anda belum login sebelumya. Silahkan login dengan account Yahoo yang anda miliki.


Selanjutnya ketikkan nama URL blogmu selengkap-lengkapnya dan klik "Add My Site" Maka Blogmu akan ditambahkan di daftar blog.
Kemudian klik nama blog yang baru ditambahkan tadi. Selanjutnya pada menu samping kiri klik "Feeds" untuk menambahkan feed blogmu.

Kemudian pada form sebelah kanan ketik alamat feed blogmu, kalau masih menggunakan blogger anda tinggal mengetikan "atom.xml" selanjutnya klik "Add Feed" dan biarkan yahoo menambahkan feed blogmu untuk di diagnosa.
Langkah selanjutnya adalah meng-Authentication blog mu. Caranya adalah pada menu sebelah kiri klik tulisan "Authentication" maka sebelah kanan akan tampil cara autentifikasi blog yaitu dengan meng-upload file atau dengan menambahkan tag meta, silahkan klik pada pilihan kedua jika anda menggunakan blogger.
Silahkan copy tag meta yang diberikan (tulisan yang dicetak tebal). Selanjutnya login ke blogger dan masuk pada "tata letak" trus ke bagian "Edit HTML" dan paste-kan kode tag meta tersebut dibawah < head >, kemudian simpan. Kemudian kembali ke halaman Yahoo Webmasters tadi dan klik "Ready to authenticate". Sampai disini blog anda sudah terdaftar di Yahoo webmasters, butuh waktu beberapa hari agar blog kita bisa di diagnosa oleh Yahoo Webmasters.
Kembali Saya Sadur, dari ; Arton  

 

2 komentar:

Poskan Komentar